Fakta Menarik Organisasi Illuminati

Fakta Menarik Organisasi Illuminati – Dunia maya tengah dihebohkan dengan kabar tentang dugaan simbol illuminati berupa segitiga, pada arsikektur masjid Al-Safar karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ┬áRidwan Kamil membantah tudingan itu. Ia lalu menjelaskan desain arsitektur masjid rancangan tersebut. “Desain itu tidak boleh sama. Desain ditengah pasar dengan desain di puncak gunung tidak boleh sama. Maka ini (Al Safar) karena di pinggir gunung, saya cerita, idenya seperti menyatu dengan alam. Apa bentuknya? Alam itu tidak beraturan maka Masjid Al Safar pun bentuknya tidak beraturan. ” kata Email. https://west-sands-resort.com/

Ia menjelaskan, dalam ilmu arsitektur, ada teori yang dipakai untuk merancang bangunan Masjid Al Safar. Yaitu teori melipat atau origami. “Dengan melipat kita bisa membentuk yang tidak beraturan menjadi berdiri. Bentuk tidak beraturan ini secara alami membentuk segitiga dalam lipat melipat supaya bisa belok. Hasilnya memang seperti ini,” ujarnya.

Emil menegaskan, dirinya tidak berniat membuat simbol seperti yang ditudingkan. “Makanya kalau terjadi tafsir saya minta maaf mungkin itu kebetulan,” katanya. Ia juga menegaskan bahwa sebenarnya gerbang dan mihrab masjid tersebut berbentuk trapesium dengan empat sudutnya. Tudingan Illuminati muncul karena penampakan di bagian mimbar mirip dengan ‘All Seeing Eye’ alias mata satu.

Menurut sejumlah sumber, simbol itu umum disebut The Eye of Providence atau Sang Mata Pemeliharaan. Dalam bahasa Indonesia kerap disebut sebagai Mata Ilahi. Simbol itu kabarnya juga digunakan oleh Illuminati, kelompok rahasia yang konon mengendalikan dunia dan diam-diam membangun apa yang disebut sebagai Tata Dunia Baru (New World Order).

1. Apa itu Illuminati?

Fakta Menarik Organisasi Illuminati

Menurut sejarah, istilah “Illuminati” mengacu pada Bavarian Illuminati, sebuah kelompok rahasia yang eksis hanya selama satu dekade, dari tahun 1776 hingga 1785. Organisasi tersebut didirikan oleh Adam Weishaupt, seorang profesor hukum Jerman yang sangat meyakini cita-cita Pencerahan (Enlightenment) yang mirip-mirip organisasi persaudaraan lain, Freemason.

Gagasannya, lluminatenorden, dipromosikan di kalangan elite. Weishaupt berniat mengajarkan logika, kedermawanan dan nilai-nilai sekuler lainnya yang  dapat memengaruhi keputusan politik ketika mereka berkuasa kelak. “Adalah hal yang sangat ambisius untuk enam atau sembilan orang (anggota), untuk  benar-benar ingin mengambil alih dunia,” Chris Hodapp, salah satu penulis Conspiracy Theories and Secret Societies for Dummies.

Tujuan Illuminati, juga reputasinya, seringkali melebihi kemampuan mereka yang sesungguhnya. Pada masa-masa awal, kelompok tersebut hanya terdiri atas segelintir orang.  Dan bahkan saat masa jayanya, kelompok itu hanya berjumlah antara 650 hingga 2.500 anggota. Kelompok itu tumbuh menjadi besar dengan cara menjadi semacam sel tidur (sleeper cell) di dalam kelompok lain. Misalnya, anggota Illuminati bergabung dengan loji-loji Freemason untuk membajak anggotanya secara diam-diam.

2. Apa yang diyakini illuminati ?

Ada dua sisi yang pernah dijelaskan dalam sejarah Illuminati: ritual aneh dan tujuan besar mereka. Illuminati dikenal melakukan banyak hal yang tidak biasa, di mata orang awam. Mereka menggunakan simbol (misalnya burung hantu), mengadopsi nama samaran untuk menghindari identifikasi, dan memiliki hierarki yang rumit seperti Novice, Minerval, dan Minerval Illuminated yang membagi peringkat para anggotanya.

Pada awalnya, kata Hodapp, anggota Illuminati tidak mempercayai siapa pun yang berusia di atas 30 tahun karena dianggap cenderung suka mengatur. Sejumlah informasi soal ritual lainnya lebih sulit untuk dikonfirmasi. Namun, diduga kuat para anggotanya sangat ‘paranoid’ dan menggunakan protokol bak agen intelijen untuk menjaga kerahasiaan identitas masing-masing.

Meski menggelar sejumlah ritual aneh, mereka juga mempromosikan pandangan dunia yang mencerminkan gagasan Pencerahan, seperti pemikiran rasional dan pemerintahan mandiri (self-rule).Illuminati dikenal anti-pemuka agama, juga anti dengan hal-hal berbau feodal, khususnya kerajaan, raja, juga ratunya.Kelompok itu lebih cenderung dekat dengan kaum revolusioner daripada penguasa dunia. Mereka dituding berusaha menyusup dan merusak institusi-institusi kuat seperti monarki.

3. Illuminati mengendalikan dunia.

Teori konspirasi menyebut, Illuminati berhasil mengambil alih kekuasan memerintah dunia dan masih mengendalikannya hingga saat ini. Namun, para sejarawan cenderung berpendapat, organisasi rahasia itu hanya ‘setengah berhasil’ memengaruhi dunia.  Apalagi, sulit untuk memisahkan keberhasilan Illuminati dengan Freemasons kelompok saingan yang mereka susupi. Pun sama sekali tak mudah untuk memisahkan antara pengaruh nyata Illuminati dengan apa yang dipikirkan banyak orang soal kedigdayaannya.

Memang, Illuminati punya sejumlah anggota yang punya pengaruh — sejumlah duke (bangsawan) dan pemimpin lain yang namanya kini terlupakan.  Sejumlah informasi menyebut, penulis Johann Goethe adalah anggota kelompok itu, meskipun sumber lain membantah klaim tersebut.

Pengaruh Illuminati tergantung pada apa yang Anda yakini tentang kelompok itu. Misalnya, jika Anda berpikir cita-cita revolusioner mereka menyebar ke kelompok lain, seperti ke kelompok revolusioner Jacobin yang meletupkan Revolusi Prancis, maka mereka berhasil menanamkan pengaruh itu. Setidaknya di pikiran Anda.

4. Kelompok Illuminati yang asli menghilang

“Mereka binasa,” kata Hodapp. “Orang-orang telah mencoba untuk menghidupkan kembali organisasi misterius itu selama bertahun-tahun, tetapi itu adalah skema mencari uang belaka.”

Pada 1785, Duke of Bavaria Karl Theodor melarang perkumpulan rahasia, termasuk Illuminati, dan menetapkan hukuman serius bagi siapa pun yang bergabung dengan mereka. Sebagian besar kelompok rahasia akhirnya terungkap, dan jika Anda percaya pendapat sebagian besar sejarawan, Illuminati pun akhirnya menghilang.

Sejak saat itu, mitos berkembang. Seperti dideskripsikan dalam Conspiracy Theories in American History: An Encyclopedia, dokumen-dokumen yang ditemukan di rumah-rumah anggota Illuminati level atas seperti Xavier von Zwack membenarkan beberapa teori konspirasi soal Illuminati yang paling menakutkan, seperti mimpi mereka mendominasi dunia dan ritual pemujaan yang dilakukan. Meski, isi dokumen-dokumen itu mungkin membesar-besarkan kebenaran tentang kelompok rahasia Illuminati.

5. Jika Illuminati lenyap, mengapa legenda mereka tetap hidup?

Tidak lama setelah Illuminati dibubarkan, teori konspirasi tentang kelompok itu bermunculan. Teori konspirasi yang paling terkenal ditulis oleh fisikawan John Robison pada tahun 1797, yang menuduh Illuminati menyusup ke Freemason.

Sementara, biarawan Jesuit, Abbe Augustin Barruel, dalam bukunya yang mengupas sejarah kelompok revolusioner Jacobin pada 1797, mengungkap teori bahwa organisasi rahasia, termasuk Illuminati, berada di belakang Revolusi Prancis. Tidak sampai di situ. Para pendiri (founding fathers) Amerika Serikat kembali membangkitkan minat terhadap Illuminati. Pada 1798, George Washington menulis surat yang membahas ancaman Illuminati. Dalam kepanikan yang dipicu teori konspirasi yang menyebar, Thomas Jefferson bahkan dituduh sebagai anggota kelompok itu tanpa dasar.

6.  Apakah Illuminati terkait dengan Freemason?

Fakta Menarik Organisasi Illuminati

Teori konspirasi selalu populer di Amerika Serikat, tetapi selama berabad-abad, Illuminati tidak begitu ditakuti daripada Freemason. Pada 1828, partai Anti-Masonik dibentuk untuk menentang Freemason. Meski akhirnya parpol itu akhirnya mati. Karena Illuminati merekrut banyak anggota di Eropa melalui loji-loji Freemason, susuah untuk membedakan dua organisasi rahasia itu. Saling campur baur.

Pada tingkat tertentu, paranoia Freemason tumbuh dari pengaruhnya yang kuat di Amerika Serikat. Bagaimanapun, banyak pendiri AS adalah anggotanya. Sejumlah simbol negara AS diduga kuat berasal darin Freemason, salah satunya adalah Eye of Providence simbol mata di atas piramida yang ada pada uang dolar meski itu tidak ada hubungannya dengan Illuminati Bavaria.

Paranoia Freemason bisa membantu kita memahami teori konspirasi tentang Illluminati yang ada saat ini. “Orang-orang akan menggunakan istilah seperti ‘Illuminati’ untuk menyebut apa pun yang mereka tidak sukai atau yang mungkin dianggap menantang nilai-nilai yang mereka anut,” kata Joseph Uscinski, seorang ilmuwan politik di University of Miami sekaligus salah satu penulis buku American Conspiracy Theories.

Back to top